Aluminium Composite Panel dan Kaca Tempered

Kaca Laminated Safety Glass

Kaca Laminated adalah tipe kaca yang saling merekatkan dua lembar atau lebih kaca biasa / polos menggunakan polyvinyl butiran film (PVB).

Lapisan dalam kaca tersebut merekatkan kaca dan mencegah pecahan kaca terbagi menjadi pecahan tajam yang besar.

Kaca Laminated biasanya digunakan untuk mencegah kemungkinan benturan terhadap manusia atau kemungkinan kaca dapat jatuh dan hancur. Skylight kaca dan windshield otomotif biasanya menggunakan kaca laminated.

Kaca Laminated sering digunakan untuk ekterior rumah, ruko, gedung sebagai curtain wall dan jendela. Lapisan polyvinil pada kaca laminated juga memberikan isolasi kedap suara tingkat tinggi dan juga 99% mencegah sinar UV masuk. 

Sejarah Kaca Laminated
Kaca laminated diciptakan pertama kali oleh kimiawan asal Perancis Edouard Benedictus, yang terinspirasi oleh sebuah kecelakaan laboratorium. Sebuah botol kaca telah dilapisi dengan plastik selulosa nitrat dan ketika jatuh hancur tidak pecah menjadi beberapa bagian. 

Benedictus memproduksi komposit gelas-plastik untuk mengurangi luka dalam kecelakaan mobil. Hal itu tidak segera diadopsi oleh produsen mobil, tapi kaca laminated telah banyak digunakan di lensa-lensa masker gas selama Perang Dunia I.

Pada tahun 1939, sekitar 56.000 m2 kaca laminated digunakan untuk kaca pengaman bagian depan mobil setiap tahun dalam setiap kendaraan yang diproduksi oleh perusahaan raksasa otomotif Amerika, Ford Motor.

Karakteristik :
1. Aman
2. Memberi Perlindungan
3. Kontrol kedap suara
4. Membatasi sinar ultra violet
5. Warna Bervariasi

Kaca laminated dan kaca tempered memiliki sifat yang berbeda. Mereka adalah dua jenis kaca tetapi dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa aplikasi. Kaca laminated dan kaca tempered adalah pernikahan umum dari dua jenis kaca. Secara terpisah, masing-masing jenis kaca memiliki aplikasi yang berguna.